PT. Angkasa Pura I (Persero) Berambisi Kelola Bandara Jeddah, Jajaki Kerja Sama Dengan Incheon

PT. Angkasa Pura I (Persero) Berambisi Kelola Bandara Jeddah, Jajaki Kerja Sama Dengan Incheon

18 Des 2018 Selasa, Category DANA PENSIUN

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura (AP) I mulai melirik bandara di luar negeri untuk melakukan ekspansi. BUMN pengelola bandara itu tengah menjajaki kerja sama dengan Incheon International Airport Corporation untuk mengelola bandara di Jeddah.

"Ini baru tahap awal, tapi kita sudah ada pembicaraan dengan Incheon untuk mengelola bandar di Jeddah. Kita masuk dalam pengoperasian pengelolaan," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Faik mengatakan, hal ini merupakan kesempatan Angkasa Pura I untuk melebarkan sayap ke dunia internasional. Ia mengaku baru sekali bertemu dengan pihak Incheon untuk membahas kerja sama tersebut. Saat ini, baik Angkasa Pura I maupun Incheon masih mendalami detil rencana kerja sama tersebut.

"Mudah-mudahan dalam dua atau tiga bulan ada kepastian," kata Faik.

Menurut Faik, mengambil peran dalam pengelolaan bandara di Jeddah merupakan kesempatan yang baik bagi Indonesia. Diketahui, setiap tahunnya, ratusan ribu jemaah Indonesia pergi ke tanah suci untuk ibadah haji dan umrah. Belum lagi jemaah dari belahan dunia lain yang ikut memadati bandara di Jeddah.

Di sisi lain, sejumlah jemaah masih mengeluhkan pelayanan di bandara yang belum memuaskan. Faik mengatakan, Angkasa Pura I bisa masuk ke sana untuk perbaikan terkait operasional dan standar kualitas layanan.

"Kelihatannya perlu ada peningkatan pelayanan di sana sehingga kita perlu masuk ke sana," kata Faik.

Selain Jeddah, Angkasa Pura I juga melirik bandara di Kuwait yang sudah lebih dulu dioperasikan sebagian oleh Incheon. Jika rencana kerja sama itu disepakati, nantinya Angkasa Pura I dan Incheon akan berbagi tugas dalam mengelola bandara tersebut.

"Untuk kegiatan operasional, masalah service security, mungkin ada di kita. Mereka lebih yang ke strategic-nya," kata Faik.



Tentang Kami

Dana Pensiun Angkasa Pura I atau DAPENRA didirikan berdasarkan Keputusan Direksi PT. (Persero) Angkasa Pura I Nomor KEP :1156/KU.60/1998 tanggal 6 Oktober 1998 tentang Peraturan Dana Pensiun dari Dana Pensiun Angkasa Pura I dan disahkan oleh Menteri Keuangan berdasarkan Keputusan Nomor : KEP.393/KM.17/1999 tanggal 15 Nopember 1999.
Selengkapnya

Kontak kami
Dana Pensiun Angkasa Pura I

Kota Baru Bandar Kemayoran - Jakarta Pusat

Telephone: (62-21) 65 867 867
Email: info@dapenra.co.id