Daftar Sembilan Dapen Yang Sudah Dibubarkan OJK Tahun 2020

Daftar Sembilan Dapen Yang Sudah Dibubarkan OJK Tahun 2020

18 Agu 2020 Selasa, Category DANA PENSIUN

Rabu, 05 Agustus 2020 / 07:52 WIB

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren pembubaran dana pensiun berlanjut pada tahun ini. Setelah tahun lalu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membubarkan sembilan dapen atas permohonan para pendirinya. Mayoritas alasan pembubarannya tersebut karena efisiensi serta efektivitas dalam penyelenggaraan program pensiun. Setelah dibubarkan, pengelolaan program pensiun dialihkan ke Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). 

Merujuk situs resmi OJK, ada sembilan dana pensiun telah dibubarkan sepanjang tahun ini. Mereka adalah Dana Pensiun Abbott Indonesia, Dana Pensiun Pendidikan Cendekia Utama dan Dana Pensiun Asuransi Ramayana. Kemudian DPLK AXA, DPLK Bank Mandiri, Dana Pensiun SKU PT UKINDO, Dana Pensiun Cedefindo, Dana Pensiun Tambi dan Dana Pensiun Pekerja Hotel Aryaduta.  Direktur Eksekutif Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) Bambang Sri Muljadi menjelaskan, dengan adanya pembubaran tersebut maka peserta tidak bisa serta merta menarik dananya di dana pensiun pemberi kerja (DPPK).  "Kalau bubar pun, dana peserta harus dialihkan ke DPLK atau DPPK lain. Sedangkan bagi peserta pensiunan dananya harus diserahkan ke asuransi jiwa," kata Bambang kepada Kontan.co.id, Senin (3/8). 

Menurut dia, pencairan dana di DPLK merupakan dana yang berasal dari iuran peserta dan pengembangan. Terkait pengaruh pembubaran terhadap pertumbuhan industri, menurutnya tergantung dari besar kecilnya jumlah aset mereka. "Namun selama ini dapen yang bubar adalah dapen - dapen kecil yang jumlah asetnya juga kecil." ungkapnya.  Sebenarnya, Dana Pensiun Tambi dan Dana Pensiun Pekerja Hotel Aryaduta sudah lama ingin bubar karena pendirinya ingin mengalihkan dana peserta ke DPLK. Khusus Dapen Tambil, secara usaha masih cukup baik tapi dana kelolaannya di Rp 10 miliar. Serupa, aset Dapen Pekerja Hotel Aryaduta juga kecil. 

Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) OJK Anggar Budhi Nuraini menyebut, pembubaran tersebut dibarengi penetapan tim likuidasi dana pensiun.  "Dana peserta akan dialihkan ke DPLK dengan memenuhi ketentuan yang berlaku," pungkas dia. 

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Anna Suci Perwitasari



Tentang Kami

Dana Pensiun Angkasa Pura I atau DAPENRA didirikan berdasarkan Keputusan Direksi PT. (Persero) Angkasa Pura I Nomor KEP :1156/KU.60/1998 tanggal 6 Oktober 1998 tentang Peraturan Dana Pensiun dari Dana Pensiun Angkasa Pura I dan disahkan oleh Menteri Keuangan berdasarkan Keputusan Nomor : KEP.393/KM.17/1999 tanggal 15 Nopember 1999.
Selengkapnya

Kontak kami
Dana Pensiun Angkasa Pura I

Kota Baru Bandar Kemayoran - Jakarta Pusat

Telephone: (62-21) 65 867 867
Email: info@dapenra.co.id